Minggu, 25 November 2012

DUNIA perjanjian baru laporan baca

LAPORAN BACA

Nama              : Yunelety Giden Jinan
Semester         : I (satu)
Mata kuliah   : pembimbing Perjanjian Baru I
Dosen              : Wikanto,M.Pdk
Judul Buku    : Dunia Perjanjian Baru
Pengarang      : J.I. Packer, Merril C.Tenney dan William White,JR.


Sejarah Perjanjian Baru
PB dimulai jauh setelah penciptaan dunia serta adam dan hawa. Dari ketidaktaatan manusia berlanjut dengan pemanggilan Allah terhadap Abraham menuju tanah kanaan. Namun keturunan Abraham ternyata berada di mesir dan dijadikan budak. Lalu Tuhan mengutus musa untuk membawa bangsa Israel keluar dari Mesir menuju tanah perjanjian
1.                  Zaman Intertestamental
Zaman ini adalah kitab-kitab makabe yang menceritakan tentang pemberontakan yang terjadi ditanah Palestina. Waktu itu ada tulisan-tulisan Yosefus, sejarawan Yahudi abad pertama.
a)                  Zaman Persia(sampai tahun 331 SM)
b)                  Zaman Alexander Agung(335-323 SM)
c)                  Zaman wangsa Ptolomeus(323-204 SM)
d)                 Zaman Siria (204-116 SM)
e)                  Zaman wangsa Makebeus(116-37 SM)
f)                   Dominasi Romawi(Sepanjang Periode PB, dimulai dari tahun 37 SM)
2.                  Zaman PB
Zaman ini diawali dengan kelahiran Yesus Kristus, sebagai puncak penyelamatan Allah, karena bagian kitab ini memperkenalkan kita kepada Mesias, serta permulaan gerejanya.

Pelayanan para rasul
a.                   Yerusalem
Pelayanan awal dari murid-murid Yesus diyerusalem banyak menggambarkan gereja mula-mula. Jemaat membangun persekutuan yang erat diantara para anggotanya.
b.                  Dari Yerusalem ke seluruh Yudea
Tahap kedua dalam perkembangan gereja dimulai dengan penganiayaan yang hebat terhadap jemaat di Yeusalem. Hamper semua orang percaya harus melarikan diri dari kota (kis.1:8).
c.                   Dari Anthiokhia ke Roma
Sisa kitab para rasul membeberkan ekspansi gereja lewat pelayanan Rasul Paulus.
Kronologi PB
Kronologi dalam penarikan atau penanggalan atas kejadian-kejadian sejarah dalam “aliran” waktu.
Kehidupan Yesus
a.                   Kelahiran
Yesus lahir pada masa pemerintahan raja Herodes di Yudea.
b.                  Awal Pelayanan dan Lama pelayanan
Lama pelayanan Yesus tiga setengah tahun sejak berusia 30 tahun.
Orang Yunani dan Helenisme
Kebudayaan helenis adalah kebudayaan Yunani yang mencapai puncak tertingginya. Di anthena pada abad kelima sebelum kristus. Dan memberi cirri khusus pada seni, perdagangannya, dan saya berpikir di daratan Yunani sesuai dengan pengaruh anthena.
1.                  Awal sejarah Yunani
a). Cikal bakal kebudayaan Yunani
            Pada kira-kira tahun 3000 SM, pulau-pulau dan daratan Yunani di diami orang-orang Aegea. Orang-orang Minoa mendiami pulau-pulau Kreta. Orang Yunani sendiribaru mulai mendiami kawasan itu sejak tahun 1900 SM, dan nampaknya mereka telah datang didaerah Balkan yang sekarang disebut Bulgaria.
b). Zaman Para Raja
            Sastra Yunani dari Zaman itu terpelihara dengan baik dalam puisi kisah kepahlawanan Ilias dan Odissea yang umumnya disebut sebagai karya Homerus.
c). Bangkitnya Demokrasi
            Raja Yunani perlahan-lahan mulai digeser oleh tokoh-tokoh bangsawan yang dalam hidupnya dapat menikmati kemewahan dan kuasa yang dibangun diatas jerih payah.
a. Bangkitnya Demokrasi
            Kekuasaan para raja yunani perlahan-lahan mulai digeser oleh tokoh-tokoh bangsawan yang dalam hidupnya dapat menikmati kemewahan dan kuasa yang dibangun diatas jerih payah para petani.
b.Penyatuan Singkat Yunani
            Kota-kota otonom yang merupakan negara-negara kecil ( negara-kota) itu begitu iri hati satu sama lain, dan sikap mandirinya hebbat sehingga mereka hanya dapat bersatu untuk jangka waktu yang singkat sekali,yaitu untuk memerangi musuh yang sama.keadaan ini menuntun ke arah keruntuhan mereka.
c. Perang Peloponneus
            Karena athena telah menjadi yunani permuka dalam kemenangan  militer tersebut, maka Athena menjadi kekuatan dominan di dunia Yunani.
d.       Perluasan Kerajaan Yunani
            Tidak diperlukan waktu lama bagi negara-kota di yunani untuk begerak melawan Makedonia.athena dan thebes bersatu,dan pada tahun 338SM segera menceburkan diri dalam pertempuran melawan Makedonia.

Pengaruh Terhadap Perjanjian Baru
            Perjanjian baru menyebut beberapa orang kristen sebagai “ orang Yahudi yang berbahasa Yunani” ( Kis 6:1,9:29). Bahwa ini adalah orang-orang Yahudi dalam diaspora yang telah mengadopsi gaya hidup Yunani.
Dunia Romawi Budaya Yunani
            Setelah yudea jatuh ketangan orang  romawi pada tahun 63 SM,mesir menjadi satu-satunya kerajaan yunani yang tertinggal. Mesir bertahan sampai tahun 31SM. Kekuatan Romawi mendatangkan kesatuan militer dan pemerintahan pada dunia helenis yang tadinya telah tercabik-cabik.kekuatan  politik yunani telah berlalu tetapi budaya dan suasana yunani telah menjadi fondasi bagi budaya kekaisaran romawi.dua aliran filsafat yunani berkembang pada periode romawi.
4. Orang Romawi
 a. Peperangan Awal
            Ketika berperang melawan persia, yunani dan fenesia menarik angkatan bersenjata mereka dari wilayah sebelah barat laut tengah.roma semakin kuat karena tidak ada kekuatan asing dan kekuatannya bertumpu pada tentara rakyat.
b.Pertempuran-pertempuran Luar Negeri
            Setelah seabad  lebih lebih bersitegang dengan kartago soal kontrol atas sisilia, yunani yang waktu diperintah sirakus akhirnya mengundang romauntuk membantu.
c.Pasukan Romawi Menasuki Yudea ( tahun 166-67 SM)
            Orang-orang yahudi bukanlah ancaman yang sebenarnya bagi wangsa selekues penguasa-penguasa yunani itu justru  lebih takut terhadap partia.
d.Orang Yahudi di Bawah Pemerintahan Roma
            Pada awal tahun 30SM  herodes bertemu dan mengadakan tawar-menawar untuk mempertahankan nyawa dan taktanya.

5. Orang Yahudi dalam Zaman Perjanjian Baru
            Pada zaman Tuhan Yesus,agama Yahudi telah tumbuh sebagai suatu agama yang terbagi ke dalam beberapa aliran . latar belakang perjanjian lama, mengamati sejarah perjanjian lama akan menemukan berbagai fakor diantaranya muncul permusuhan di antara kelompok-kelompok yahudi zaman Yesus.
            Para pengikut yohanes pembaptis, yohanes pembaptis dilahirkan dari pasangan suami-istri lanjut usia keturunan keluarga imam harun. Yohanes pembaptis menyatakan bahwa mesias akan muncul di israel dan ia menyerukan agar orang israel mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan sang penebus itu.
            Respon Yesus Terhadap Sekte-sekte,menginjak abad pertama sekte-sekte israel telah mengubah ciri kepercayaan yahudi.ia banyak menggunakan waktu-Nya untuk menanggapi berbagai gagasan keliru dari kelompok-kelompok ini.Yesus mengkonfrontasikan cara berpikir yang berdasarkan tradisi ini dengan pengertian yang lebih benar tentang hukum  taurat.ia mengenalkan ke israel keselamatan dan kasih Allah, disamping kuasa-Nya.

6. Yesus Kristus
            Perjanjian baru merupakan satu-satunya sumber informasi terpenting dari abad pertama masehi mengenai kehidupan Yesus. kitab injil ingin menceritakan kejadian-kejadian seputar minggu terakhir dalam kehidupan Kristusajauh lebih banyak daripada hal-hal lain.karena masing-masing penulis injil menekankan salah satu aspek yang agak berbada dalam pribadi dan karya Kristus.

Masa Kanak-Kanak
            Lima peristiwa yang terjadi pada masa kanak-kanak Yesus ,pertama sesuai dengan taurat yahudi Ia disunat dan diberi nama pada hari kedelapan,kedua Yesus diserahkan kepada Tuhan di Bait suci untuk mengesahkan sunat-Nya,ketiga sebelum mereka sampai di Betlehem bintang itu muncul kembali dan berada diatas tempat Yesus dan orang tua-Nya,keempat Allah memerintahkan yusuf untuk menyingkir ke mesir bersama keluarganya,kelima perjalanan Yesus dan orangtua-Nya ke Bait suci pada waktu berusia 12tahun.

Pelayanan Awal di Yudea
            Yohanes pembaptis memberi tahu utusa para imam bahwa ia bukanlah mesias yang dinanti-nantikan,sekalipun secara tidak langsung ia menunujukkan bahwa sang mesias itu telah hadir.menjelang akhir dari masa ini yohanes pembaptis dipenjarakan,mungkin pemenjaraan atas diri yohaneslah yang mendorong Yesus pergi melayani di daerah Galilea.

Pelayanan di Galilea
            Dalam perjalanan-Nya kembali ke Galilea,Yesus berhenti di kana.disana Ia menyembuhkan anak seorang pegawai istana,kembali di Kapernaum Yesus menunjukkan wewenang-Nya untuk mengampuni dosa manusia dengan menyembuhkan seorang yang lumpuh dan memanggil matius,pemungut cukai yang sangat dibenci masyarakat menjadi pengikut-Nya.pada tahap berikutnya Yesus semakin populer di kalangan rakyat jelata. Kini misi-Nya yang utama adalah mengajar.para penulis injil mencatat dua mukjizat yangg dilakukan Yesus saat Ia kembali ke kapernaum.

Pelayanan di Daerah Perea
            Sekitar dua bulan telah lewat sejak Yesus kembali ke Galilea, mungkin pada saat inilah Ia mengutus 70 orang murid-Nya ke seluruh kota Israel untuk memberitakan bahwa kerajaan Allah sudah dekat dan bahwa Yesus adalah sang mesias.

Minggu Terakhir
             Minggu terakhir sebelum penyaliban, Yesus mendapat banyak tempat dalam catatan-catatan injil. Maria mengurapi-Nya dengan minyak narwatsu dan menyeka kaki-Nya dengan rambutnya.

Doktrin Mengenai Kristus
            Diri-Nya: memahami diri Kristus bukanlah pekerjaan yang mudah,tetapi ada  kesepakatan umum mengenai sebagian besar dari sifat Kristus dan kepribadian-Nya,lima gelar yang dikenakan pada Yesus mencerminkan sesuatu yang penting mengenai diri atau  karya-Nya yaitu: Anak Manusia.

Kepribadian-Nya
            Kristus memiliki dua sifat yang berbeda tetapi merupakan satu oknum dan bukan dua oknum dalam satu tubuh, Ia adalah Logos( Firman Allah) yang kekal,oknum kedua dalam  tritunggal.

Posisi-Nya
            Ia merendahkan diri-Nya dihadapan hukum  taurat.



Jabatan Kenabian-Nya
            Ia harus berdiri mewakili Allah dihadapan  orang-orang Allah mmemakai mulut orang itu untuk menyampaikan apa yang ingin Ia firmankan kepada umat-Nya.

Jabatan Keimaman-Nya
            Yesus mempersembahkan diri-Nya sendiri sebagai kurban yang biasanya diadakan oleh imam.

Jabatan-Nya sebagai Raja
            Sebagai oknum kedua dalam Allah tritunggal,yang menciptakan bersama-sama Bapa,Kristus adalah Raja yang kekal atas segala sesuatu.

7. Para Rasul
            Pada awal pelayanan-Nya, Yesus memilih dua belas orang untuk menyertai-Nya.yaitu :
Andreas, Bartolomeus,  Yakobus anak Alfeus, Yakobus anak Zebedeus, Yohanes, Yudas bukan Iskariot, Yudas Iskariot, Filipus,Simon Petrus, Simon orang Zelot, Tomas.

8. Gereja Mula-mula
            Kata yunani yang  kemudian diterjemahka menjadi jemaatatau gereja  adalah ekklesia.
Komunitas yerusalem
            Jemaat kristen yang pertamamembentuk suatu komunitas yang sangat erat hubungannya di yerusalem setelah  hari pentakosta.

Pembunuhan Stefanus
            Suatu hari ,sebuah kelompok yahudi menangkap stefanus dan membawa dia kehadapan majelis tinggi para imam dengan tuduhan melakukan penghujatan.

Pola-pola ibadah
            Tata ibadah, perjamuan Tuhan,Baptisan dan Penanggalan Gerja.


9.Paulus dan perjalanan-perjalanannya
Dari kota Tarsus
            Tarsus merupakan kota perbatasan, dikota inilah Saulus muda tumbuh menjadi orang dewasa .
Warga  negara Romawi
            Paulus tidak hanya warga dari kota yang terkenal, tetapi warga negara Romawi.
Awal Pelayanan Paulus
            Paulus mulai bersaksi tentang iman yang baru disebuah sinagoge di damsyik. Inti pesannya adalah bahwa “ Yesus adalah Anak Allah”.
Pemenjaraan dan pengadilan Paulus
            Jemaat kristen di yerusalem sangat bahagia mendengar laporan Paulus tentang penyebaran iman kristiani di tempat-tempat lain.


Tanggapan positive : Buku ini sangat bagus untuk dibaca oleh mahasiswa teologi maupun masyarakat biasa, karena penjelasannya yang sangat detail mengenai perkembangan dunia perjanjian baru, hal ini juga membantu menambah wawasan setiap pembca khususnya dapat menjadi buku pedoman juga dalam penyampaian Forman Tuhan.

Tanggapan negative : bahasa yang digunakan terlalu susah dimengerti dengan cepat. Butuh kosentrasi dalam membacanya. Selain itu, bentuk tulisannya terlalu membosankan untuk membaca berlama-lama.