Rabu, 05 September 2012

Sejarah dan Perkembangan Bahasa Indonesia


Nama              : Yunelety Giden Jinan
Semester         : I (satu)
Mata kuliah   : Bahasa Indonesia
Dosen              : Irwan Siagian,M.Pd

I. SEJARAH DAN PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA
A.    Perkembangan Bahasa Indonesia Sebelum Merdeka.
Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Pada zaman Sriwijaya, bahasa melayu di pakai sebagai bahasa penghubung antar suku di Nusantara dan sebagai bahasa yang di gunakan dalam perdagangan antara pedagang dari dalam Nusantara dan dari luar Nusantara.
Perkembangan dan pertumbuhan bahasa melayu tampak makin jelas dari, peninggalan-peninggalan kerajaan Islam. Bahasa melayu menyebar ke pelosok nusantara bersama dengan menyebarnya agama Islam di wilayah Nusantara. Bahasa melayu mudah diterima oleh masyarakat Nusantara sebagai bahasa perhubungan antara pulau, antara suku, antara pedagang, antar bangsa, dan antar kerajaan.
B.     Bahasa Melayu Menjadi Bahasa Indonesia
Bahasa melayu di pakai di mana-mana di wilayah Nusantara, sehingga semakin berkembang  dan bertambah kukuh keberadaannya.  Bahasa melayu menyerap kosa kata dari berbagai bahasa, terutama dari bahasa Sanskerta, bahasa Persia, bahasa Arab, dan bahasa-bahasa Eropa.
Bahasa melayu pun dalam perkembangannya, muncul dalam berbagai variasi dan dialek. Komunikasi antar perkumpulan yang bangkit pada masa itu menggunakan bahasa melayu menjadi bahasa Indonesia. Dan  menjadi bahasa persatuan untuk seluruh bangsa Indonesia dalam sumpah pemuda 28 Oktober 1928. Namun secara Yuridis tanggal 18 agustus 1945 bahasa Indonesia secara resmi di akui keberadaannya dan di tetapkan dalam UUD 1945 pasal 36.
Untuk memperoleh bahasa nasionalnya, bangsa Indonesia harus berjuang dalam waktu yang cukup panjang dan penuh dengan tantangan. Perjuangan demikian harus dilakukan karena adanya kesadaran bahwa disamping fungsinya sebagai alat komunikasi tunggal, bahasa nasional sebagai salah satu ciri kultural, yang kedalam menunjukkan sesatuan dan keluar menyatakan perabedaan dengan bangsa lain.
Peristiwa yang mempengaruhi perkembangan bahasa Indonesia :
·         Budi Oetomo (1908)
o   Budi Utomo yang merupakan organisasi yang bersifat kenasionala yang pertama berdiri dan tempat terhidupnya kaum terpelajar bangsa Indonesia..
·         Sarikat Islam (1912)
o   Mula-mula partai ini hanya bergerak dibidang perdagangan, namun bergerak dibidang sosial dan politik juga.
·         Balai Pustaka (1908)
o   Dipimpin oleh Dr. G.A.J. Hazue  balai pustaka ini didirikan.Mulanya badan ini bernama Commissie Voor De Volkslectuur, pada tahun 1917 namanya berubah menjadi balai pustaka.
·         Sumpah Pemuda (1928)
o   Peristiwa ini dianggap sebagai awal permulaan bahasa Indonesia yang sebenarnya,      bahasa Indonesia sebagai media dan sebagai simbol kemerdekaan bangsa dengan di adakannya sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 di Jakarta. Bahasa Indonesia tidak hanya menjadi media kesatuan, dan politik, melainkan juga menjadi bahasa sastra indonesia baru.
C.    Upaya peningkatan dan pengembangan bahasa Indonesia
1.            Pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia dalam kaitannya dengan bidang pendidikan
2.            Pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia dalam kaitannya dengan bidang komunikasi
3.            Pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia dalam kaitannya dengan bidang kesenian
4.            Pembinaan dan pengembangan bahasa dalam kaitannya dengan bidang ilmu dan, teknologi
Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia :
1. Lambang kebanggaan nasional.
2. Lambang identitas nasional.
3. Alat pemersatu berbagai macam latar belakang  social budaya.
4. Alat penghubung tiap daerah.
5. Bahasa resmi kenegaraan.
6. Bahasa resmi dalam dunia pendidikan Indonesia.


***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar