Minggu, 25 November 2012

iman kristen laporan baca



Nama              : Yunelety Giden Jinan
Semester         : 1(satu)
Mata kuliah   : Pembimbing Teologi Sistematika
Dosen              : Yohan Aryhudi,M.Th
Judul  Buku   : Iman Kristen
Pengarang      : Dr. Harun Hadiwijono
BAB I. AJARAN TENTANG PENYATAAN TUHAN ALLAH
­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­Point Penting
Penyataan Allah adalah tindakan Allah untuk memperkenalkan dirinya kepada manusia. Dalam alkitab terkandung gagasan bahwa Tuhan Allah keluar dari “tempat  persembunyiannya” lalu memperkenalkan dirinya. Tujuan dari penyataan Allah bukanlah kebahagiaan manusia, melainkan kemuliaan Allah dan kehormatan Tuhan Allah sendiri. Tuhan melakukan penyataannya melalui berbagai macam cara yaitu menampakkan diri  dalam benda-benda sebagai tanda Allah hadir bagi Israel, serta melalui firman/sabda dan mujizat untuk menyatakan kehendaknya. Penyataan Allah secara langsung diberikan kepada manusia dengan perantaraan firman dan karyanya berpusat pada Yesus Kristus, serta tak langsung melalui firman dan karyanya tetapi melalui alam semesta sebagai pusat karyanya. Dan semuanya itu ada didalam alkitab, alkitab memiliki sifat-sifat yang berkuasa(dapat dipercaya), alkitab adalah cukup, dan alkitab adalah jelas yaitu alkitab di tulis oleh bimbingan roh kudus.
Positive           : Memberikan pemahaman yang baru bagi kita tentang penyataan Allah dan karyanya didalam dunia bagi umat manusia.
Negative                 : pembahasan ini tidak mejelaskan secara sederhana sehingga tidak mudah di mengerti oleh pembaca awam.
Saran dan Kritik : Perlu ditambahkan lagi penjelasan pada kalimat-kalimat ilmiah yang membuat pembaca bingung.
Penerapan                  : Pembaca jadi mengetahui karya Allah dan bagaiman tindakan Allah untuk menyelamatkan umatnya.
BAB II. AJARAN TENTANG TUHAN ALLAH
Point Penting
Beberapa bukti yang menyatakan bahwa Tuhan Allah ada dengan menunjukan pengertiannya tentang Tuhan antara lain bukti kosmologi atau kausalitas, bukti teleologis, dan bukti moril ternyata tidak dapat juga dipakai sebagai bukti, karena semuanya bersifat kesaksian. Karena Tuhan Allah pada hakekatnya tidak dapat dihampiri oleh akal manusia, yaitu bahwa Allah maha tinggi, tidak dapat dilihat, kudus, kekal,tidak berubah dan Esa.
Dalam ketritunggalan Allah, penggambaran Tuhan Allah adalah Esa, dalam ketritunggalan ada yang disebut Bapa,anak, dan roh kudus. Sebutan Bapa ialah pengungkapan ketinggian dan kemuliaan Tuhan Allah dan kasih kepada umat-Nya. Anak ialah bahwa menaati Tuhan Allah seperti menaati Bapa-Nya, serta roh Allah ialah nafas Allah, yaitu dipandang dari segi daya hidup yang dinamis, yang menciptakan baik dunia maupun pembaharuan manusia.
Kepercayaan kepada Allah tritunggal yaitu ajaran alkitab tentang Allah yang tritunggal itu memperkenalkan Tuhan Allah sebagai sekutu umatnya, artinya : sebagai Allah yang melihat, membela serta mencari keselamatan manusia, penting juga bagi pengenalan kita akan pekerjaan Tuhan dan penting bagi pengalaman orang beriman tentang Allah.
Positive                  : Pada Bab ini penulis menjelaskan dengan terperinci akan ketritunggalan Allah, dan sayapun dapan mengerti dengan baik dari tulisan-tulisan ini.
Negative                 : kurang begitu memperhatikan bentuk tulisannya. Terlalu ilmiah dan saya perlu membaca lebih dari sekali untuk memahami isinya.
Saran dan Kritik  : Penggunaan kata-kata ilmiah terlalu banyak sehingga perlu dikurangi atau diberi penjelasan yang sejelas mungkin.
Penerapan         : Mengetahui kemahakuasaan Allah. Dan dapan menjelaskan kepada orang yang bertanya tentang ketritunggalan Allah. Saya mengetahui apa yang harus saya jawab kepada mereka.

BAB III. AJARAN TENTANG TUHAN ALLAH SEBAGI PENCIPTA
Point Penting
Ajaran tentang penciptaan adalah untuk mengingatkan bahwa manusia berbeda dengan Allah. Penciptaan adalah buah perkenanan Tuhan Allah yang bermaksud untuk memuliakan dirinya dalam penciptaan itu. Dalam Kejadian memberikan semacam laporan mengenai bagaimana terjadinya dunia ini serta memperkenalkan kepada Israel yaitu bahwa Tuhan adalah Pencipta, pengatur, pemberi hukum dan yang memerintah atas segala makhluk.
Umat Allah adalah seluruh umat manusia yang di ciptakan Allah segambar dan serupa dengan-Nya. Manusia  bersifat fana, dapat mati, terbatas, hanya bayangan berlalu, namun jiwanay tidak dapat mati. Manusia juga diberi kebebasan untuk memilih apa yang diinginkan, namun pada akhirnya manusia juga telah jatuh kedalam dosa.
Mengenai karya penyelenggaraan Allah terhadap dunia dibedakan antara pemeliharaan dan pemerintahan Allah di atas dunia, hal ini di maksudkan untuk menunjukan bahwa segala makhluk setelah diciptakan, ia masih tetap bergantung setiap saat. Melalui segala sesuatu yang telah diciptakan, pemerintahan Tuhan Allah dihubungkan dengan tujuan kemana dunia ini akan dipimpin oleh Tuhan Allah. Allah yang menciptakan, Ia juga yang memerintah segala yang ada dengan cara pemerintahan yang ilahi.
Positive         : memahami akan karya penyelenggaraan Allah dan semakin tahu lagi tentang ciptaan dan otoritas yang Ia miliki.
Negative         : Penulis menjelaskan terlalu berbelit-belit dan mengulang kata-kata yang tidak mudah untuk saya pahami.
Saran dan Kritik : Gunakan bahasa yang sederhana sehingga pembaca tidak bosan.
Penerapannya    : Allahlah yang berkuasa atas hidup semua orang di dunia ini, sehingga saya tidak perlu khawatir akan kehidupan saya karena Allah sudah memelihara , tugas saya adalah menjaga dan mencari strategi untuk mempertahankannya.

BAB IV.  AJARAN TENTANG DOSA
Poin Penting
Dosa bukanlah karya Tuhan Allah. Namun, dosalah yang menjadi pemisah Allah dari manusia, karena manusia telah didalam pergumulannya dengan penggodaan dan manusia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dan asal/sumber dosa tidak mungkin diterangkan dalam PL, dosa dipandang sebagai pemberontakan denagn sadar karena tinggi hati, dalam PB dosa di sebut pelanggaran hukum Allah. Dan dosa pada hakekatnya ialah keinginan untuk merdeka  atau bebas dan ingin menentukan hidupnya sendiri.
Setelah Adam dan Hawa jatuh kedalam dosa , hidup manusia berikutnya dikuasai oleh dosa(diperbudak dosa). Terkena murka Allah yaitu akan mati (dipisahkan antara manusia dan Allah selama-lamanya), mati rohani dan mati jasmani. Meskipun demikian, kematian bukan akhir dari segalanya, sebab kristus telah turun untuk menebus dosa manusia(adanya pengampunan).
Positive                   : Dosa dijelaskan begitu jelas dan ternyata dosa bukan karya Allah.
Negative               :  Terlalu susah diterima dengan akal sehat ajaran tentang dosa. Penulis tidak memberi cara atau strategi untuk menjelaskan kepada orang awam tentang konsep dosa ini.
Saran dan Kritik : Pembaca perlu memperhatikan pengulangan kalimat yang membuat pembaca bingung.
Penerapan             : Dapat mengetahui dengan pasti bahwa Allah tidak pernah menyukai dosa dan tidak menyetujui adanya dosa dalam diri manusia, sehingga kita dapat memahami bahwa Karya Allah adalah semuanya baik.





BAB V  AJARAN TENTANG KARYA ALLAH SEBAGAI PENYELAMAT
Point Penting
TUHAN Allah dan manusia adalahsuatu hubungan perjanjian, dimana TUHAN Allah berjanji akan menjadi sekutu manusia dan manusia menjadi sekutu Allah, sekalipun perjanjian itu tidak pernah di ungkapkan. Kegagalan Israel dalam menjadi sekutu Allah memerlukan adanya pembaharuan perjanjian, yaitu dalam karya Yesus Kristus sebagai Mesias. Dialah yang mendamaikan dunia dengan dirinya sendiri, dan kita dimerdekakan dari dosa. Karya penyelamatan Kristus yang dilakukan didalam status kerendahannya, yaitu : dilahirkan, menderita sengsarar, disalibkan, mati, dikuburkan,dan turun ke neraka, serta di dalam status ketinggiannya adalah karya penyelamatan yang didalam pengakuan iman rasuli, yaitu : dibangkitkan, naik ke surge, dan duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang maha kuasa dan datang kembali untuk menghakimi orang yang hidup dan mati. Karya Kristus sebagai penyelamat adalah satu, yaitu menyelamatkan umatnya.
Positive          : Memahami dengan jelas karya penyelamatan Kristus sangat nyata bagi Setiap umat manusia.
Negative              : Bahasa yang digunakan terlalu susah untuk dipahami oleh saya.
Saran dan Kritik : Tulisan yang digunakan terlalu ilmiah dan memusingkan pembaca.
Penerapan        : Tuhan Yesus sebagai satu-satunya karya penelamatan dari Allah demi menebus manusia dari dosa. Memberi pemahaman baru untuk setiap orang yang belum/bingung akan penyelamat dalam hidupnya.




BAB VI AJARAN TENTANG KARYA TUHAN SEBAGAI PEMBEBAS
Point Penting
Karya ini dilakukan dengan perantaraan roh kudus atau disebut karya pembebasan, karena dengan karya ini manusia dijadikan benar-benarhidup didalam kebebasan, yaitu didalam kebebasan anak-anak Allah, bebas daripada segala dosa dan ikatannya, sehingga manusia tetap hidup didalam suasana yang baru, yaitu suasana yang damai dengan TUHAN Allah tanpa ketakutan dan permusuhan.
Kerajaan surga adalah tujuan terakhir dari seluruh kerajaan dunia, hal itu di ungkapkan di gereja(tubuh Kristus). Gereja adalah kudus dan Am, persekutuan orang kudus yang dimana ada Kristus didalammya. Hal itu perlu didasari dengan adanya iman kepada kebenaran Allah yaitu Firman. Sakramen sebagai alat keselamatan, sakramen juga sebagai tanda dan meterai, baptisan kudus yaitu kematiaannya di kayu salib adalah baptisan yang sejati. Dan ajaran alkitab mengenai akhir zaman ialah, jikalau Tuhan Yesus telah datang kembali untuk yang kedua kalinya.
Positive           : Mengetahui akan kehidupan akhir zaman dan kerajaan surga adalah sasaran utama setiap tindakan manusia di bumi.
Negative          : Belum bias mengerti dengan baik yang dimaksud dengan kehidupan akhir zaman.
Saran dan kritik : Tulisannya seperti tidak ada jarak, sehingga pembaca bosan membaca berlama-lama.
Penerapan            :Semakin percaya kepada Tuhan sebagai pembebas dari segala dosa dan maut serta meyakini akan surga dapat saya miliki dengan berserah penuh kepada Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar